INFO UTAMA

Breaking

Senin, 03 Mei 2021

Mengatur Template agar SEO Friendly (Title Tag, Heading dan Description)

ARAH INFO

Mengatur Template agar SEO Friendly (Title Tag, Heading dan Description)


Ini adalah bagian terpenting yang harus dilakukan saat pertama kali membangun sebuah blog atau website, yakni mengatur trik SEO untuk template kita agar mudah terindeks, mulai dari title tag, tag heading dan description-nya, dan lebih syukur lagi kalau mudah masuk halaman pertama google ,kali ini ingin melengkapi penjelasan soal pengaturan website , tentang cara agar ranking 1 di google .

Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kemampuan membaca berbagai search engine, yang mana mereka lebih mengutamakan tata dan kode dalam theme atau template, ketimbang melakukan optimasi kata kunci yang berlebihan yang sekarang ini mulai diabaikan.

 

Memiliki template (istilah tampilan untuk blogspot) atau theme (untuk wordpress) yang keren akan baik dilihat, tapi belum tentu baik ‘terbaca’ oleh mesin pencari. Untuk itu, Anda wajib memperhatikan beberapa pengaturan penting soal ini.

 

Trik SEO agar Template SEO Friendly

 

1.  Title Tag

 

Kegunaan dari title tag ini adalah agar google mudah membaca tema yang dibahas dalam websitemu, dan biasanya dihubungkan dengan artikel yang ada di dalamnya, semakin memiliki relevansi antara judul blog dengan artikelnya maka akan semakin baik rankingnya, itu sebabnya ini penting sekali diatur, terutama untuk blog niche (fokus pada pembahasan satu tema). Berikut pengaturannya:

 

<title>

 <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>

 <data:blog.title/>

 <b:else/>

 <data:blog.pageName/>

 </b:if>

 </title>

Cara pasang:

 

Login ke blogspot (masuk ke dashboard) >>

klik menu Template (di sebelah kiri) >>

Pilih ‘Edit HTML’ di bagian bawah view-nya.

Selanjutnya temukan kode <title> dan </title> (caranya tekan klik di sembara tempat di dalamnya lalu tekan Ctrl+F) di dalam pengaturan html tersebut. Perhatikan, apakah sudah ada kode yang sama seperti yang tertera di atas, jika belum ada atau ada tapi beda maka silahkan diganti dengan menghapus kode <title> dan </title> juga agar tidak double.

Save. Pastikan setelah klik ‘Simpan’ sudah ada tanda hijau di atasnya sebagai bukti kalau scriptnya sudah bisa bekerja dengan baik.

“Mungkin kamu menemui banyak jenis pengaturan berbeda soal ini, tapi yang disertakan di atas adalah cara yang paling seo friendly saat ini. Karena dengan bentuk seperti itu maka blog akan terhindar dari anggapan duplikat title yang mana judul web tidak akan terlihat di setiap akhir judul artikel.”

 

Perhatian!

Contoh title artikel salah : Cara agar blog ranking 1 di google | Arah.info – Cara membuat berbagai hal

 

Info

Bentuk benarnya adalah tanpa harus menyertakan kata “| Arah.info dst…” di akhir semua judul artikel karena untuk saat ini sudah tidak relevan lagi dengan algoritma google terbaru.

Panjang title untuk blog yang baik adalah tidak lebih dari 70 karakter, jika lebih akan terpotong saat muncul di mesin pencari.

2.  Description

 

Ini maksudnya deskripsi atau gambaran dari apa saja yang akan diulas dalam blogmu, dan menurut algoritma banyak mesin pencari saat ini, bagian tersebut menjadi penilaian yang sangat diperhitungkan, dan bahkan bila sebuah website tidak menyertakannnya akan kalah bersaing dengan web lainnya.

 

a. WordPress

 

Pengguna platform blog ini tidak perlu repot karena untuk mengaturnya bisa dengan menggunakan plugin, salah satu yang sangat direkomendasikan adalah SEO by Yoast. Dan untuk settingnya cukup masuk ke bagian ‘Home’ (lihat di samping kanan dashboard theme-mu).

 

b. Blogger

 

Menggunakan blogger untuk saat ini mulai semakin mudah, hanya ada beberapa langkah saja, deskripsi blogmu sudah siap menjadi lebih seo friendly. Perhatikan gambar di bawah:


 

Langkah settingnya:

 

Masuk dulu ke bagian dashboard blogmu lalu pilih menu “Setelan’ di sebelah kiri.

Klik “Preferensi penelusuran”

Centang tulisan ‘Ya’ untuk mengaktifkannya

Isi dengan deskripsi yang sudah kamu buat. Jika ingin dipaste dari Word maka pastikan sudah di paste sebelumnya ke aplikasi ‘Notepad’ (tinggal cari di aksesoris MS Word) biar kodenya tidak ikut masuk.

Terakhir, “Simpan Perubahan” agar bisa bekerja.

Catatan:

Deskripsi di atas hanya untuk keterangan umum secara menyeluruh pada isi web, dan agar lebih SEO friendly maka usahakan buat deskripsi pada setiap artikel yang ditulis. Kamu bisa menemukannya di sebelah kanan setiap kali posting. Tinggal isi.

Usahakan membuat deskripsi tidak lebih dari 150 kata karena sesuai dengan trik optimasi umumnya hanya akan terbaca hingga jumlah kata tersebut.

 

3.  Tag Heading

 

Fungsi dari pengaturan ini jelas agar template Anda lebih seo friendly, maksunya lebih mudah diindeks oleh google, dan dalam hal ini ada beberapa yang harus di setting:

 

a.  Judul artikel

 

Umumnya, secara default semua blog memberikan heading <h3> pada judul artikelnya, padahal secara ilmu SEO ini kurang friendly untuk berbagai mesin pencari, untuk itu kita harus menggantinya jadi <h2>.

 

Caranya: Masuk ke pengaturan html blogspotmu lalu temukan kode ini <h3 class=’post dengan cara tekan Ctrl+f, bila kodenya ada silahkan ganti h3 tadi dengan h2 dan jangan lupa tag penutupnya di ganti juga jadi h2

 

Penting!

Ini sebagai pengetahuan dasar saja, dalam struktur kode html selalu ada tag pembuka dan penutup yang ditandai dengan tanda miring (/), misalnya ada <h3> maka wajib ada penutupnya </h3>

bila ternyata tidak ketemu coba dengan kode ini: <h2 class=’post dan bila ternyata ada berarti telah diubah dan anda tidak perlu repot lagi menggantinya.

b.  Judul widget

 

hampir sama dengan di atas, hanya saja ini pada judul widgetnya. Kalau yang di atas dari <h3> di jadikan <h2>, sekarang sebaliknya, dari <h2> jadi <h3>. Nah, berikut kode yang harus ditemukan di dalam template-mu:

 

<b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>

 <b:includable id='main'>

 <b:if cond='data:title'>

 <h2><data:title/></h2>

 </b:if>

Pastikan kode h2 diganti jadi h3. Jika sulit ketemu maka solusinya dengan cara mencari sepotong saja kodenya, misal hanya mengetikkan ini : <b:widget id= lalu klik next berkali kali.

Kode seperti di atas ada banyak dalam kode html blog, tergantung berapa jumlah widget yang kamu pakai, untuk itu kamu harus merubahnya semua.

Baca Juga : 

Cara Memasang AMP (Accelerated Mobile Pages) di WordPress

Inilah dasar pengeditan dalam membuat template menjadi lebih seo friendly dan mudah masuk halaman pertama google. Tapi walau demikian ini, bukan jadi faktor utama kesuksesan Anda dalam menjalankan teknik seo, karena masih banyak lagi faktor lainnya yang bisa mempengaruhi ranking blog Anda, seperti artikel dan backlink.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman